UTSickness  

Posted by: Unknown in

hai classmate!!.. saya bukanlah peserta didik penurut, yang harus hapal reaksi fotosintesis, hafal reaksi fosforilasi oksidatif, harus hapal semua teori kata perkata.. harus hafal semua letak slide powerpoin biar gampang mengingatnya pada saat ujian,, dan hapal hapal yang lainnya..
ternyata kita berbeda dari segi orientasi,serta pola pikir. ekspresi wajah kalian memperlihatkan raut raut sumringah ketika selesai menuangkan isi jawaban pada kertas ujian, dan isinya persis sama dengan teori pada slide. dan kecemasan timbul ketika kalian tak kebagian bahan hapalan untuk ujian selanjutnya. tapi tidak dengan ekspresi saya.

nah, disinilah poin berbedanya kita, pribadi saya mengatakan, belajar tidak melulu tentang menghasilkan nilai terbaik di kelas, belajar tidak melulu tentang IPK tertinggi dan menjadi lulusan terbaik, belajar tidak melulu  tentang mengerjakan PR tepat waktu, belajar tidak melulu tentang "menjadi penghuni tetap perpustakaan", belajar tidak melulu tentang "menenteng diktat segede gaban" yang mengalahkan tebalnya tafsir alqur'an. dan terakhir, belajar bukanlah berapa banyak teori yang menyerap di otakmu saking seringnya kamu hapal. Belajar adalah menangkap maksud ilmu, bukan menghapal keseluruhan isi ilmu. belajar tidak hanya ilmu tentang teori saja, saya lebih menekankan pada pemahaman apa yang dapat diambil dari proses belajar. bukankah kreatifitas juga sebuah proses belajar?!
ketika saya memberikan analisa jawaban dengan kalimat sendiri dari hasil pemahaman konsep yang saya pahami, apakah itu tidak bisa disebut kreatifitas menuangkan konsep?!. ketika saya tidak menghapal diktat kuliah karena saya yakin jawabannya tidak tersimpan diantara kumpulan-kumpulan huruf tersebut tapi lebih mengarah ke jawaban analisa pengayaan apakah dibilang saya sebagai anak yang tidak minat belajar?!
terus, sementara kebanyakan dari kalian kalangkabut menghapal, membuat PR, dan mengabaikan segala hal yang menurut kalian tidak relevan lagi dengan status mahasiswa kalian saat ini, malah sayanya sedikit bertindak diluar dari kalian kebanyakan, saya masih bisa menyempatkan mendengarkan musik yang saya sukai, membaca buku-buku yang saya minati, dan menyempatkan menulis tulisan yang ancurr ini, apakah saya juga dibilang mahasiswa asal-asalan yang ga ada fokusnya untuk kuliah?!

belajar, kuliah, atau apalah namanya, tidak melulu harus sampai terkungkung didalam ruang kelas ditemani diktat dan teori, Jangan sampai kuliah hanya mengejar nilai dan IPK tertinggi, Ada banyak hal diluar sana yang bisa kita pelajari. sepertiny sudah merupakan warisan budaya bahwasanya memperoleh nilai tertinggi atau menjadi lulusan terbaik adalah target yang dicita-citakan oleh sistem pendidikan ini. akhirnya membentuk mereka-mereka yang "penurut" terhadap sistem dan target it.

sedikit kreatiflah dalam belajar sob!!!!

# selamat UTS, abaikan saja tulisan ini, nanti kalian tersesat dan tak jadidapat nilai tinggi..wkwkwk

^_^damaY


*mariberangkatkampus 9.05 AM, Selasa 19112013


This entry was posted on 09:07 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar

nennydarmayanti@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.